Sebelum Klaim, Pahami Dulu Syarat dan Cara Klaim Asuransi Prudential

Lifestyle

Prudential merupakan salah satu perusahan asuransi yang sudah berdiri sejak tahun 1995. Prudential juga menyediakan beragam produk asuransi kesehatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pemegang polis. Namun sebelum itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara klaim asuransi Prudential agar tak bingung nantinya saat mengajukan klaim.

Cara Klaim Asuransi Rawat Jalan

Hal paling utama yang perlu Anda lakukan adalah sebaiknya melakukan rawat jalan di rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan pihak Prudential. Untuk daftar rumah sakit yang sudah menjadi rekanan Prudential sendiri bisa Anda lihat melalui website resmi Prudential Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan 24 jam untuk mengetahui rumah sakit rekaan Prudential.

Selain itu, pastikan gunakan nomor polis Anda untuk diinformasikan kepada petugas medis terkait. Proses klaim asuransi cenderung lebih mudah jika Anda sudah menghubungi medis 24 jam sebelum Anda rawat inap. Untuk nomor telepon medis, bisa Anda lihat sendiri di belakang kartu peserta sehingga pihak prudential akan lebih cepat melakukan proses verifikasi data.

Pastikan Anda mengajukan klaim rawat inap kurang dari 1 x 24 jam setelah Anda dirawat. Anda juga perlu menunjukkan kartu identitas seperti KTP kepada pihak administrasi rumah sakit. Perlu untuk diingat, pastikan data pada KTP sama dengan data pada kartu peserta. Sebab hal ini akan berpengaruh terhadap diterimanya atau tidak pengajuan klaim rawat inap Anda.

Anda tak perlu merasa khawatir, sebab semua biaya rawat inap akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi Prudential. Namun jika biaya perawatan tersebut melebihi batas maksimal yang tertera pada polis asuransi, maka selisih biaya tersebut harus Anda bayarkan sebelum meninggalkan rumah sakit.

Cara Klaim Asuransi Rawat Jalan

Pada dasarnya cara klaim asuransi rawat jalan dari Prudential sendiri akan disesuaikan dengan produk asuransi yang Anda miliki dan ketentuan dari pihak rumah sakit tempat Anda melakukan rawat jalan. Biasanya klaim asuransi rawat jalan ini hanya diperuntukkan untuk kondisi darurat seperti kecelakaan.

Jadi bila Anda mendapatkan penangan di Unit Gawat Darurat (UGD) yang menjadi rekanan Prudential, pastikan segera tunjukkan kartu peserta Anda untuk proses verifikasi. Dengan begitu, maka Anda tak perlu membayar biaya UGD dan rawat jalan yang dijalani.

Namun apabila biaya rawat jalan tersebut tidak bisa ditanggung dengan biaya non tunai, maka Anda bisa mengajukan klaim reimbursement kepada pihak Prudential. Untuk syarat dan ketentuan pengajuan klaim reimbursement bisa Anda lihat sendiri di website resmi Prudential Indonesia.

Itulah beberapa cara klaim asuransi Prudential. Meski demikian perlu Anda ingat, jika proses klaim asuransi di atas hanya bisa dilakukan melalui rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan pihak Prudential saja. Proses klaim juga akan lebih mudah, sebab Anda hanya perlu menunjukkan kartu peserta saja. Namun jika Anda merasa kesulitan, dokter.my siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *